Dunia usaha baik produksi maupun jasa selalu dihadapkan
dengan persaingan. Persaingan yang semakin ketat membuat para pelaku bisnis
dituntut mampu melakukan strategi-strategi dan penunjang usaha yang tepat bagi
kelangsungan bisnisnya,. Badan usaha harus berupaya menghasilkan dan
menyampaikan produk dan jasanya dengan menggunakan media yang inovatif dan
interaktif. Bedasarkan permasalahan diatas maka dalam penelitian ini akan
dibahasa tentang multimedia interaktif untuk profil perusahaan Conceptography
Photoworks. Multimedia interaktif adalah media promosi yang inovatif dan aktual
dengan perkembangan yang sedang berlangsung.
Dengan permasalahan diatas kelompok kami berusaha untuk
mewujudkan keinginan pelaku usaha dalam rangka promo dan penyampaian
perusahaannya. Profil perusahan juga dapat membantu mendatangkan banyak
konsumen. Namun dalam penarikan konsumen harus dibandingi dengan multimedia
yang sangat interaktif. Banyak penyajjian profil perusahaan selain dari flash ,
namun pada zaman sekarang belum ada yang menandingi keaktrktifan flash.
Perusahaan yang akan kami angkat dalam profil atau
multimedia interaktif ini adalah Telkom. Telkom adalah perusahaan besar yang
bergerak pada bisang telekumunikasi di Indonesia. Sudah saatnya penyampaian
apa-apa tentang perusahaan ini harus menggunakan media yang interaktif dan
efisien. Oleh karena itu kelompok kali terpacu untuk membuat sebuah produk
multimedia yang interaktif dan efisien.
MANFAAT DAN TUJUAN
1.
Untuk memenuhi salahsatu tugas besar mata
kuliah Sistem Multimedia
2.
Membuat produk multimedia yang
interaktif
3.
Memudahkan para konsumen Telkom dalam
memahami profil perusahaan dan macam-macam produknya.
4.
Belajar membuat pemecahan masalah dalam
penyampain informasi ke konsumen.
LANDASAN TEORI
Terdapat empat komponen penting multimedia. pertama
harus ada computer yang mengkoordinasikan apa yang dilihat dan didengar, yang
berinteraksi dengan kita. kedua, harus ada link yang menghubungkan kita dengan
informasi. ketiga, harus ada alat navigasi yang memandu kita, menjelajah
jaringan informasi yang saling terhubung. keempat, multimedia menyediakan
tempat kepada kita untuk mengumpulkan, memproses, dan mengkomunikasikan
informasi dan ide kita sendiri. jika salah komponen tidak ada, maka belum dapat
dikatakan sebagai arti multimedia yang luas.
Komputer adalah
alat yang dipakai untuk mengolah data
menurut prosedur yang
telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk
menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika,
dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada
mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif
berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak
tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dengan pengertian computer diatas kita ssimpulkan komponen yang paling utama
dalam pembuatan produk multimedia adalah computer.
Link
kata ini sering muncul dalam penggunaan internet. Dalam internet juga link
berfungssi sebagai penghubung antara user dengan web. Tidak ada link maka kita
tidak akan bisa membuka sebuah website. Begitupun dalam produk multimedia ini,
bagaimanapun link dalam artian ini adalah sesuatu yang dapat kita teerhadap
informasi. Kalau dalam penyajian produk multimedia interaktif alat untuk
menghubungkan konsumen dengan informasi adalah sebuah media elektronik.
Navigasi
adalah alat atau orang yang dapat memandu kita dalam penyampain informasi
sebuah perusahaan. Navigasi sudah tidak lagi menggunakan manusia. Namun
sekarang sudah otomatis menggunakan computer dan robot. Dengan cara navigasi
modern ini mudah-mudahan perusahaan dapat
memuaskan pelayan informaasi terhadap konsumennya.
OBJEK MULTIMEDIA
Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi
berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adalah
gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang
menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi
interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan
sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks,
grafik dan animasi.
Disini dapat digambarkan bahwa multimedia adalah suatu kombinasi data atau media untuk menyampaikan suatu informasi sehingga informasi itu tersaji dengan lebih menarik.
Disini dapat digambarkan bahwa multimedia adalah suatu kombinasi data atau media untuk menyampaikan suatu informasi sehingga informasi itu tersaji dengan lebih menarik.
“Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video
(Rosch, 1996) atau Multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen,
yaitu suara, gambar dan teks (McCormick 1996) atau Multimedia adalah kombinasi
dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media dapat audio
(suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002) atau
Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan
interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video
(Robin dan Linda, 2001). Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat
dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi)
dengan menggabungkan link yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi,
berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi. Dalam definisi ini terkandung empat
komponen penting multimedia. Pertama, harus ada komputer yang mengkoordinasikan
apa yang dilihat dan didengar. Kedua, harus ada link yang menghubungkan pemakai
dengan informasi. Ketiga, harus ada alat navigasi yang membantu pemakai
menjelajah jaringan informasi yang saling terhubung. Keempat, multimedia
menyediakan tempat kepada pemakai untuk mengumpulkan, memproses, dan
mengkomunikasikan informasi dengan ide. Jika salah satu komponen tidak ada,
bukan multimedia dalam arti luas namanya. Misalnya, jika tidak ada komputer
untuk berinteraksi, maka itu namanya media campuran, bukan multimedia. Kalau
tidak ada alat navigasi yang memungkinkan untuk memilih jalannya suatu tindakan
maka itu namanya film, bukan multimedia. Demikian juga kita tidak mempunyai
ruang untuk berkreasi dan menyumbangkan ide sendiri, maka nama televisi, bukan
multimedia. Dari beberapa definisi di atas, maka multimedia ada yang online
(Internet) dan multimedia ada yang offline (tradisional).”
Menurut Suyanto (2003, h. 255-290), definisi multimedia
sebelumnya menekankan pentingnya peran yang dimainkan sebuah navigasi atau link
dalam menyediakan jalan bagi pengguna untuk berinteraksi dan melakukan
navigasi. Terdapat enam jenis objek yaitu teks, grafik, bunyi, video, animasi,
dan software.
STRUKTUR APLIKASI MULTIMEDIA
TAHAPAN PENGAMBANGAN
Multimedia adalah salah satu alat keunggulan bersaing
perusahaan. Pengembangan multimedia dilakukan bedasarkan 6 tahap, yaitu concept,
design, material collecting, assembly, testing, dan distributor.(Sutopo,2003)
PERANGKAT LUNAK YANG DIGUNKAN
- Adobe Flash CS3 : merupakan software pengolahan gambar berbasis animasi atau baner flasH
- Adobe Photoshop CS5 : merupakan software pengolahan gambar berbasis bitmap yang digunakan untuk editing foto atau gambar berbasis bitmap
- AutoPlay Media Studio : merupakan software pengolahan berbagai komponen seperti pembuatan company profile, dan presentasi dan menambahkan suara gambar flash dll
ANALISIS DAN PERANCANGAN
Untuk perancangan sendiri kami sangat
termotisivasi oleh kurangnya perusahaan Telkom dalam penyampaian informasi
terhadap para konsumennya. Telkom sendiri sudah mempunyai website resmi
terlebih dahulu sebagai media interaktifnya. Namun kita sssimpulkan tidak semua
calon konsumen dan konsumen dianugrahi koneksi internet. Jadi apakah website
sudah efektif. Menurut kita belum optimal dalam media interaktif ini akan
merangkul calon konsumen dan konsumen yang tidak dianugrahi koneksi internet.
PERANCANGAN ANTAR MUKA
![]() |
| rancangan antar muka |
![]() |
| rancangan antar muka |




0 comments:
Post a Comment