Thursday, 17 July 2014

Dunia usaha baik produksi maupun jasa selalu dihadapkan dengan persaingan. Persaingan yang semakin ketat membuat para pelaku bisnis dituntut mampu melakukan strategi-strategi dan penunjang usaha yang tepat bagi kelangsungan bisnisnya,. Badan usaha harus berupaya menghasilkan dan menyampaikan produk dan jasanya dengan menggunakan media yang inovatif dan interaktif. Bedasarkan permasalahan diatas maka dalam penelitian ini akan dibahasa tentang multimedia interaktif untuk profil perusahaan Conceptography Photoworks. Multimedia interaktif adalah media promosi yang inovatif dan aktual dengan perkembangan yang sedang berlangsung.
Dengan permasalahan diatas kelompok kami berusaha untuk mewujudkan keinginan pelaku usaha dalam rangka promo dan penyampaian perusahaannya. Profil perusahan juga dapat membantu mendatangkan banyak konsumen. Namun dalam penarikan konsumen harus dibandingi dengan multimedia yang sangat interaktif. Banyak penyajjian profil perusahaan selain dari flash , namun pada zaman sekarang belum ada yang menandingi keaktrktifan flash.

Perusahaan yang akan kami angkat dalam profil atau multimedia interaktif ini adalah Telkom. Telkom adalah perusahaan besar yang bergerak pada bisang telekumunikasi di Indonesia. Sudah saatnya penyampaian apa-apa tentang perusahaan ini harus menggunakan media yang interaktif dan efisien. Oleh karena itu kelompok kali terpacu untuk membuat sebuah produk multimedia yang interaktif dan efisien.
MANFAAT DAN TUJUAN
 Adapun tujuan dari pembuatan laporan multimedia ini adalah sebagai berikut :

1.    Untuk memenuhi salahsatu tugas besar mata kuliah Sistem Multimedia
2.    Membuat produk multimedia yang interaktif 
3.    Memudahkan para konsumen Telkom dalam memahami profil perusahaan dan macam-macam produknya.
4.    Belajar membuat pemecahan masalah dalam penyampain informasi ke konsumen.
LANDASAN TEORI
Terdapat empat komponen penting multimedia. pertama harus ada computer yang mengkoordinasikan apa yang dilihat dan didengar, yang berinteraksi dengan kita. kedua, harus ada link yang menghubungkan kita dengan informasi. ketiga, harus ada alat navigasi yang memandu kita, menjelajah jaringan informasi yang saling terhubung. keempat, multimedia menyediakan tempat kepada kita untuk mengumpulkan, memproses, dan mengkomunikasikan informasi dan ide kita sendiri. jika salah komponen tidak ada, maka belum dapat dikatakan sebagai arti multimedia yang luas.
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah  data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Dengan pengertian computer diatas kita ssimpulkan komponen yang paling utama dalam pembuatan produk multimedia adalah computer.
Link kata ini sering muncul dalam penggunaan internet. Dalam internet juga link berfungssi sebagai penghubung antara user dengan web. Tidak ada link maka kita tidak akan bisa membuka sebuah website. Begitupun dalam produk multimedia ini, bagaimanapun link dalam artian ini adalah sesuatu yang dapat kita teerhadap informasi. Kalau dalam penyajian produk multimedia interaktif alat untuk menghubungkan konsumen dengan informasi adalah sebuah media elektronik.
Navigasi adalah alat atau orang yang dapat memandu kita dalam penyampain informasi sebuah perusahaan. Navigasi sudah tidak lagi menggunakan manusia. Namun sekarang sudah otomatis menggunakan computer dan robot. Dengan cara navigasi modern ini mudah-mudahan perusahaan  dapat memuaskan pelayan informaasi terhadap konsumennya.
OBJEK MULTIMEDIA
Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi.

Disini dapat digambarkan bahwa multimedia adalah suatu kombinasi data atau media untuk menyampaikan suatu informasi sehingga informasi itu tersaji dengan lebih menarik.
“Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996) atau Multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar dan teks (McCormick 1996) atau Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002) atau Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001). Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi. Dalam definisi ini terkandung empat komponen penting multimedia. Pertama, harus ada komputer yang mengkoordinasikan apa yang dilihat dan didengar. Kedua, harus ada link yang menghubungkan pemakai dengan informasi. Ketiga, harus ada alat navigasi yang membantu pemakai menjelajah jaringan informasi yang saling terhubung. Keempat, multimedia menyediakan tempat kepada pemakai untuk mengumpulkan, memproses, dan mengkomunikasikan informasi dengan ide. Jika salah satu komponen tidak ada, bukan multimedia dalam arti luas namanya. Misalnya, jika tidak ada komputer untuk berinteraksi, maka itu namanya media campuran, bukan multimedia. Kalau tidak ada alat navigasi yang memungkinkan untuk memilih jalannya suatu tindakan maka itu namanya film, bukan multimedia. Demikian juga kita tidak mempunyai ruang untuk berkreasi dan menyumbangkan ide sendiri, maka nama televisi, bukan multimedia. Dari beberapa definisi di atas, maka multimedia ada yang online (Internet) dan multimedia ada yang offline (tradisional).”
Menurut Suyanto (2003, h. 255-290), definisi multimedia sebelumnya menekankan pentingnya peran yang dimainkan sebuah navigasi atau link dalam menyediakan jalan bagi pengguna untuk berinteraksi dan melakukan navigasi. Terdapat enam jenis objek yaitu teks, grafik, bunyi, video, animasi, dan software.
STRUKTUR APLIKASI MULTIMEDIA

TAHAPAN PENGAMBANGAN
Multimedia adalah salah satu alat keunggulan bersaing perusahaan. Pengembangan multimedia dilakukan bedasarkan 6 tahap, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distributor.(Sutopo,2003)
PERANGKAT LUNAK YANG DIGUNKAN
  • Adobe Flash CS3 : merupakan software pengolahan gambar berbasis animasi atau baner flasH
  • Adobe Photoshop CS5 : merupakan software pengolahan gambar berbasis bitmap yang digunakan untuk editing foto atau gambar berbasis bitmap
  • AutoPlay Media Studio : merupakan software pengolahan berbagai komponen seperti pembuatan company profile, dan presentasi dan menambahkan suara gambar flash dll

 ANALISIS DAN PERANCANGAN
Untuk perancangan sendiri kami sangat termotisivasi oleh kurangnya perusahaan Telkom dalam penyampaian informasi terhadap para konsumennya. Telkom sendiri sudah mempunyai website resmi terlebih dahulu sebagai media interaktifnya. Namun kita sssimpulkan tidak semua calon konsumen dan konsumen dianugrahi koneksi internet. Jadi apakah website sudah efektif. Menurut kita belum optimal dalam media interaktif ini akan merangkul calon konsumen dan konsumen yang tidak dianugrahi koneksi internet.
PERANCANGAN ANTAR MUKA
RANCANGAN MULTIMEDIA
rancangan antar muka

RANCANGAN MULTIMEDIA
rancangan antar muka
RANCANGAN MULTIMEDIA
RANCANGAN MULTIMEDIA

0 comments: